Rabu, 09 Mei 2012

Kuis Softskil (ke3)

Soal :
1.Apa yang dimaksud dengan perilaku konsumen ?
2.Mengapa perilaku konsumen perlu dikaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industry ?
3.Jelaskan pendekatan yang dapat digunakan dalam analisa perilaku konsumen ?
4.Faktor apa yang menentukan perilaku konsumen ?
5.Bagaimana menyikapi masalah perilaku konsumen ?
Jawaban:
1. Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan
2. Karena Untuk Mendesain bauran pemasaran kemudian Mensegmen pasar bisnis terus Memposisikan dan mendeferensiasikan produk lalu Melaksanakan analisis lingkungan serta Mengembangkan studi riset pasar
3. Terdapat tiga pendekatan utama dalam meneliti perilaku konsumen.
Pendekatan pertama adalah pendekatan interpretif.Pendekatan ini menggali secara mendalam perilaku konsumsi dan hal yang mendasarinya.
Pendekatan kedua adalah pendekatan tradisional yang didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi kognitif, sosial, dan behaviorial serta dari ilmu sosiologi. Pendekatan ini bertujuan mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan perliku dan pembuatan keputusan konsumen.
Pendekatan ketiga disebut sebagai sains marketing yang didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statistika.Pendekatan ini dilakukan dengan mengembangkan dan menguji coba modelmatematika berdasarkan hirarki kebutuhan manusia
4. a. Faktor Sosial : Grup,Pengaruh Keluarga,Peran dan Status.
b. Faktor Personal : Situasi Ekonomi,Gaya Hidup,Kepribadian dan Konsep Diri,Umur dan Siklus Hidup,Pekerjaan.
c. Faktor Psikologi : Motivasi,Persepsi,Pembelajaran,Beliefs and Attitude.
d. Faktor Kebudayaan : Subkultur dan Kelas Sosial.
5. Sebaiknya konsumen tidak mudah terpengaruh atas keinginan sesaat, telitilah sebelum membeli, apakah barang yang akan kita beli itu termasuk kebutuhan atau hanya keinginan dan apakah dapat bermanfaat untuk kita. Selain itu kurangi pembelian barang yang kurang perlu untuk mengurangi pengeluaran dan mencegah kita menjadi konsumen yang konsumtif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar