1. Apa yang dimaksud dengan produsen dan sebutkan pengkaterorian produsen ?
2. Apa yang dimaksud dengan perilaku produsen ?
3. Apa yang dimaksud dengan fungsi produksi ?
4. Apa yang dimaksud dengan least cost combination ?
5. Bagaimana cara mengoptimalkan produksi ?
Jawaban :
1. Produsen dalam ekonomi adalah
organisasi/kelompok/orang yang menghasilkan suatu barang/jasa yang
mempunyai nilai pakai dan nilai guna untuk dikonsumsi oleh konsumen.
Orang yang memakai atau memanfaatkan barang dan jasa hasil produksi
untuk memenuhi kebetuhan adalah konsumen.
Pengkategorian produsen :
a. Produsen
b. Distributor
c. Agen
d. Pengecer
e. Pengguna
2. Perilaku Produsen adalah Sebuah usaha produksi baru bisa bekerja
dengan baik bila dijalankan oleh produsen atau yang sering kita sebut
pengusaha. Pengusaha adalah orang yang mencari peluang yang
menguntungkan dan mengambil risiko seperlunya untuk merencanakan dan
mengelola suatu bisnis.
3. Fungsi produksi merupakan hubungan teknis antara faktor produksi (C,R,T,L) dengan hasil produksi.
Produksi dengan menggunakan :
Produksi dengan menggunakan :
a. 1 variabel & yang lain tetap.
b. 2 variabel, kombinasi 2 faktor produksi ditunjukkan dengan kurva isocost dan isoquant
4. Least Cost Combination (LCC) yaitu Penggunaan kombinasi faktor
produksi dengan menggunakan biaya yang paling murah. Syarat LCC : MRTS
(marginal rate of technical substitution), bila menambah salah satu
input maka mengurangi penggunaan input
5. Cara Mengoptimalkan produksi:
a. Biaya yang digunakan harus dipandang sebagai keuntungan potensial ( potential profit ), bukan pengeluaran atau ongkos produksi yang memang harus di keluarkan. Dengan demikian reduksi biaya produksi melalui peningkatan efisiansi akan meningkatkan keuntungan.
a. Biaya yang digunakan harus dipandang sebagai keuntungan potensial ( potential profit ), bukan pengeluaran atau ongkos produksi yang memang harus di keluarkan. Dengan demikian reduksi biaya produksi melalui peningkatan efisiansi akan meningkatkan keuntungan.
b. Setelah persepsi tentang biaya produksi diatas berubah, manajemen
harus melaksanakan aktivitas produksi bernilai tambah ( bukan sekedar
mengubah input menjadi output ) dengan jalan berproduksi pada biaya
produksi yang minimum. Dengan cara ini perusahaan akan meningkatkan daya
saing melalui strategi penetatapan harga ( pricing strategy ) yang
kompetirif di pasar.
c. Keunggulan kompetitif produk dipasar akan meningkatkan pangsa pasar
(market share) yang berarti akan meningkatkan penerimaan total (TR) dari
penjualan produk itu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar