1. Apa yang dimaksud dengan pasar monopoli dan monopolistis ?
2. Apa yang membedakan pasar monopoli dan monopolistis ? jelaskan dan berikan contoh ?
3. Jelaskan bagaimana cara memperoleh keuntungan di pasar monopoli ?
4. Jelaskan kebaikan dan kekurangan dari pasar monopoli ?
5. Apa yang dimaksud dengan pasar oligopoly ?
Jawaban :
1. Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana
hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada
pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai “monopolis”
Pasar Monopolistik adalah salah satu bentuk pasar di
mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi
memiliki perbedaan dalam beberapa aspek. Penjual pada pasar monopolistik
tidak terbatas, namun setiap produk yang dihasilkan pasti memiliki
karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk lainnya
2. Yang membedakan pasar monopoli dan monopolistis adalah pasar
monopolistis mempunyai banyak penjual, penjual di pasar mopolistis
memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga, tapi pengaruhnya tidak
sebesar penjual dari pasar monopoli, sedangkan pasar monopoli hanya
mempunya satu penjual sehingga penjual itu memiliki pengaruh yang sangat
besar dalam pasar monopoli.
3. Keuntungan pasar monopoli yaitu keuntungan penjual cukup tinggi
untuk produk yang menguasai hajat hidup orang, biasanya diatur
pemerintah. Ini menguntungkan konsumen karena penjual tidak dapat
menentukan harga dengan semaunya
4. Kebaikan pasar monopoli yaitu penjualannya cukup tinggi, tidak
dapat menentukan harga semaunya dan Kelemahan pasar monopoli yaitu
pembeli tidak ada pilihan lain untuk membeli barang keuntungan hanya
terpusat pada satu perusahaan terjadi eksploitasi pembeli.
5. Pasar oligopoli adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang
dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari
dua tetapi kurang dari sepuluh. Dalam pasar oligopoli, setiap
perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan
permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari
tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar